MAKNA GALAU


Hampir setiap buka timeline di Twitter, saya menemukan kata "galau" entah dengan hashtag ataupun tidak. Sepertinya, Twitter tempat pas bagi orang-orang yang sedang galau.

Banyak hal membuat 

orang jadi galau. Diputus pacar, bikin galau. Bertengkar dengan pacar, galau. Kelamaan menjomblo, juga sering jadi galau. Diomelin orangtua atau atasan, juga bikin galau. Ini itu galau. Apa-apa bikin galau.

Tapi benarkah kata "galau" telah digunakan dengan tepat sesuai peruntukkannya?

Cara terbaik menelisiknya adalah berpaling ke kamus. Di halaman 407 Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2000, dikatakan "galau" berarti kacau (tentang pikiran); "bergalau" berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); dan "kegalauan" berarti sifat (keadaan hal) galau.

Merujuk ke defenisi menurut kamus keadaan galau adalah saat pikiran sedang kacau tak keruan. Orang yang tengah galau pikirannya sedang kacau.

Kacau dalam kamus diartikan (salah satunya, terutama berkaitan dengan pikiran) kusut (kalut) tidak keruan. Contoh kalimatnya: Pikirannya bertambah kacau mendengar berita itu.

Menurut saya, galau bukan kata yang pas untuk menunjukkan sebuah keadaan pikiran yang tengah tidak dalam keadaan baik. Karena kata "kacau" yang terdapat dalam makna "galau" lebih tepat dengan suasana kalang kabut dan kusut.

Mengecek ke Google Translate dan buku Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily, bahasa Inggris galau adalah hubbub dan confusion. Artinya, galau lebih dekat dengan suasana pikiran yang tengah bingung.

Bahasa Indonesia menyediakan kata lain yang lebih tepat, "gundah". Di KBBI, "gundah" berarti sedih, bimbang, gelisah. Dilengkapi jadi "gundah gulana" berarti keadaan sangat sedih atau sedih dan lesu.

Untuk suasana hati yang sering disebut tengah "galau" rasanya lebih pas bila mengatakannya tengah "gundah."

Cara Romantis Mengatakan CINTA


Berikut adalah cara menyatakan dengan romantis


1. Katakan dengan bunga


Walaupun terkesan kuno, mengungkapkan rasa cinta dengan serangkai bunga adalah salah satu cara romantis menyatakan cinta dan terbukti efektif untuk merebut hati pasangan anda. Akan lebih baik lagi jika anda mengetahui jenis bunga dan warna favorit pasangan anda. Siapkan bunga yang ia sukai tersebut, dan tunggu momen yang tepat. Tanpa perlu berkata apapun, sodorkan rangkaian bunga itu kepadanya. Baru setelah ekspresi terkejut hilang di wajahnya, jelaskan tujuan anda yang sebenarnya.

2. Buat lagu/ puisi tentang dirinya

Ekspresikan rasa cinta anda dalam bentuk sebuah lagu atau puisi. Ketika ada kesempatan, bacakan puisi yang penuh kata-kata cinta tersebut dan nyanyikan lagu tersebut di hadapannya. Namun, jika anda tergolong sebagai orang yang pemalu, cukup kirimkan rekaman lagu tersebut atau syair puisi tersebut kepadanya. Bisa juga anda memanfaatkan file hosting online seperti 4shared, dan upload lagu/ puisi ciptaan anda di website tersebut. Selain terkesan romantis, metode ini juga menunjukkan bahwa anda adalah orang yang mempunyai talenta dan jiwa seni.

3. Ungkapkan cinta di tempat yang romantis


Mungkin kebetulan anda dan dia mendapat kesempatan untuk sama-sama berlibur ke tempat-tempat wisata yang romantis. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa cinta anda. Selain mood pasangan anda menjadi lebih bagus karena suasana yang romantis, hal ini juga bisa menjadi sebuah pengalaman berkesan bagi anda berdua di masa depan.

4. Candlelight Dinner


Ajak dia ke sebuah makan malam yang romantis. Pastikan anda memilih restoran yang memiliki suasana tenang, asri, dan berkelas. Akan lebih bagus juga apabila ada musik-musik romantis yang mengiringi makan malam anda berdua. Pesan makanan kesukaannya, dan di akhir acara, di bawah cahaya lilin yang menerangi anda berdua, ungkapkanlah perasaan cinta anda kepadanya.

5. Makan malam di rumah anda

Konsepnya hampir sama dengan candlelight dinner, namun di sini anda mengadakannya di rumah anda sendiri dan menjamunya dengan masakan yang anda masak sendiri. Masakan buatan tangan sendiri akan terasa lebih spesial, karena di dalamnya anda seolah menaruh perhatian yang lebih pada pasangan anda. Satu hal yang pasti, buat kondisi rumah anda benar-benar bersih, nyaman, dan romantis jika anda ingin mengungkapkan cinta dengan cara ini.

6. Ajak ke tempat anda biasa beraktivitas

Mungkin selama ini dia belum mengenal anda terlalu detail. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk membawanya ke tempat-tempat anda biasa beraktivitas, misalkan ke kafe favorit anda, ke toko buku tempat anda sering menghabiskan waktu, atau mungkin ke kantor anda. Hal ini menunjukkan bahwa anda siap membuka diri kepada pasangan anda, dan dengan demikian ia akan lebih yakin bahwa anda benar-benar siap mencintainya.

7. Ajak ke tempat tinggi


Di manapun itu, tempat yang tinggi selalu memiliki kesan romantis, entah itu di pegunungan, teras lantai atas, ataupun rooftop sebuah bangunan. Lakukan ini di malam hari untuk lebih menambah kesan romantis. Anda berdua akan lebih dekat ke langit, dan angin sejuk yang berhembus kencang di tempat tinggi akan membuat anda berdua lebih rileks.

8. Manfaatkan momen-momen spesialnya

Gunakan kesempatan untuk menyatakan cinta di hari-hari yang spesial baginya, misalkan hari ulang tahun, hari kelulusan, atau hari tertentu di mana ia memiliki pengalaman indah. Bisa dipastikan, perasannya di hari-hari spesial tersebut tentu lebih bahagia. Manfaatkan momen ini untuk menyatakan perasaan anda.

9. Buat sesuatu untuknya

Sejak dulu, rasa cinta selalu diungkapkan dalam berbagai benda yang megah, contohnya adalah monumen Taj Mahal dan Candi Sewu (Candi Seribu). Manfaatkan keahlian anda untuk membuat sesuatu yang berkesan bagi dirinya. Jika anda memiliki kelebihan di bidang seni lukis, buatlah lukisan dirinya. Jika anda ahli dalam bidang fotografi, berikanlah foto-foto dirinya yang selama ini sudah pernah anda ambil. Manfaatkanlah keahlian anda untuk menunjukkan rasa cinta anda, dan jika anda melakukannya dengan serius, pasti ia akan terpukau.

10. Minta bantuan teman

Ini bukan berarti anda meminta teman anda yang mengungkapkan rasa cinta anda pada sang target, karena hal ini terkesan kekanak-kanakkan. Yang bisa anda lakukan adalah meminta teman anda menciptakan suasana yang romantis dan kondusif, dan kemudian anda muncul di hadapan sang target untuk menyatakan cinta anda. Contoh skala besar yang bisa anda gunakan dengan cara ini adalah menyatakan cinta dengan flashmob, yang belakangan ini sangat populer dilakukan di luar negeri.

PHP!!

Php , sebelumnya gue sih emang gatau arti php itu apa , tapi karna banyak orang yang bilang kata “php” jadi tau deh sekarang Php mempunyai banyak arti yaitu pemberi harapan palsu , pemberi hadiah palsu , pembuat hidup palsu , pembuat hotdog pasar , pemeran hindia pilem ,penyapu halaman puskesmas , penikung handal profesional , pelajar harap prihatin , pengantar hidangan pembuka , pengalaman harian pelajar , dan lain lain terserah anda Yang jelas php menurut jaman remaja sekarang artinya pemberi harapan palsu . Di php itu emang rasanya nggak enak , bayangin ajadeh kalo kamu udah pdkt sampai bertahun tahun . ngajakin gebetan ngedate tiap malming , nganter jemput pulang sekolah gebetan , mbeliin barang ini itu , mbuang waktu yang ngga berguna buat si gebetan , ngajakin lunch/dinner tiap hari , ngasih perhatian yang lebih , pokoknya nglakuin apa aja yang bisa ngebuat si gebetan itu seneng . eh waktunya ditembak malah jawabnya : kita temenan dulu ya atau kita adik kakak aja ya karna kita lebih pantas begitu hehe . mungkin bagi sebagian orang kadang emosi dengan perkataan itu tapi ya mau gimana lagi takdirnya juga emang begitu . kalo orang tau akhir2nya bakalan ngomong “kita temenan dulu ya” dari dulu mending juga nggak usah dideketin tuh gebetan . Sayangnya waktu tak dapat kembali seperti punyanya doraemon . Banyak temen gue yang pernah cerita kalo habis kena php , hehe udah repot malem2 nganterin gebetan pulang , ngehibur waktu si gebetan sedih , sms sayang sayangan , gombal gombalan , ngasih perhatian lebih . eh waktu ditembak malah nerima cowok lain deh . bayangin aja udah terharu banget apalagi ngalamin seperti itu , kalo gue sendiri sih waktu smp udah nge-php 1 orang dan di-php 1 orang juga . kalo smk sih baru php 1 aja yang sebenernya sih mau gue seriusin tapi karna faktor x yasudahlah hehe . cewek cewek sekarang itu sensitif banget misal ada seorang cowok yang ngasih perhatian beberapa hari buat ngehibur si cewek itu , eh si cewek itu ngira mlah habis kena php . Oh ya di php itu nggak cuman masalah cinta saja , tapi juga apa aja yang nyambung dengan harapan yang palsu . misalnya di php karna angkot ga datang datang , di php karna operator ngga ngasih sms gratisan , di php karna ngga jadi turun hujan . di php karna jomblo nggak pernah berkurang melainkan bertambah *eh , jomblo jomblo yang penting bahagia kan nggak perlu bertengkar trus sama pacarnya . Segitu saja cerita dari saya semoga kalian tidak kena php dari cerita saya ini

17 hal yang harus kita ingat

1. Jika sudah terjadi masalah, tdk harus dihindari (bingung), tapi HARUS DIHADAPI dengan tenang (dipikirkan jalan keluarnya) dan pasti selesai/ ada jalan keluarnya. 2. Menghadapi semua hal, tdk boleh berpikir negatif, seperti: "saya pasti tdk mampu", "saya tdk bisa", dan seterusnya. Tapi selalu berpikir positif, seperti: "saya bisa, pasti ada jalan keluarnya" dan lain lain. 3. Sudah dan senang semuanya tergantung pikiran saja!! ( Pikiran adalah pelopor!!). Jadi jaga pikiran kita baik - baik. Jangan pikir yang jelek/negatif. Selalu berpikir yang positif (baik). 4. Segala kesulitan/kesusahan akan berakhir. sebesar apapun masalahnya akan selesai juga dengan berjalannya waktu. Seperti pepatah mengatakan : TIDAK ADA PESTA YANG TIDAK BERAKHIR. 5. Orang yg sukses 85% ditentukan dari sikap/prilaku, 15% baru ditentukan ketrampilan. Jadi sikap kita dalam hidup ini sangat penting. 6. Segala sesuatu berubah (anicca). Kita tdk perlu susah. Misalnya : sekarang susahnya, selanjutnya pasti berubah menjadi senang. sekarang ada orang yang tdk senang pada kita, suatu saat nanti akan baik juga. 7. Hukum karma, berarti berbuat baik akan mendapat hasil baik dan sebaliknya, seperti tanam padi, pasti panen padi. Ingat!! Usahakan setiap saat selalu berbuat (tanam) kebaikan agar mendapatkan (panen) kebaikan. Jgn melakukan kejahatan. Dan jgn berharap mendapat balasan dari perbuatan baik kita!!! 8. Kesehatan asalah paling nomor satu (berhaga). Jaga kesehatan kita dengan olahraga, istirahat yang cukup dan jangan makan sembarangan. 9. Hidup ini penuh dengan masalah/persoalan/penderitaan. Jadi kita sdh tahu TIDAK MUNGKIN SELALU LANCAR/TENANG. Siapkan mental, tabah, sabar dan tenaga untuk menghadapinya. itulah kenyataan hidup yang harus dihadapi oleh setiap manusia. 10. Masa depan seseorang sangat tergantung pada sikap dan buku buku yang dibaca. Jadi membaca sangat penting dan menentukan masa depan seseorang. 11. Jangan membicarakan kejelekan orang lain, karena kita akan dinilai jelek oleh orang yg mendengarkannya. 12. Pergaulan sangat penting dan merupakan salah satu kunci sukses. Boleh bergaul dengan orang jahat maupun baik asal kita HARUS TAHU DIRI/JANGAN TERPENGARUH LINGKUNGAN. Lebih baik lagi apabila kita bisa menuntun yang jahat ke jalan yang benar. 13. Budi orang tua, tidak dapat dibayar dengan apapun juga. begitu juga dengan budi orang2 yang telah membantu kita. 14. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi jangan minder dengan kekurangan kita. dan jangan iri dengan kelebihan orang. HARGAILAH DIRIMU APA ADANYA!!!\ 15. JANGAN MEMPERTENTANGKAN (MEMPERDEBATKAN) hal hal kecil yang tdk berguna dengan siapapun juga. 16. Kunci sukses dlm hidup ini, selalu bersemangat, berusaha, disiplin, sabar, bekerja keras, rajin berdoa/sembahyang, banyak berbuat baik serta tdk blh berputus asa. 17. Jangan Menilai orang dari Harta(kekayaan), penampilan ataupun kondisi fisik. Semua orang itu SAMA!!

Don't Forget it !!!

Don't Forget it !!! Hallo pembaca setia apa kabarnya ? semoga kalian tidak bosan membaca blogku ini Kali ini gue mau ngebahas cikal bakal kelas 1 smp , waktu itu setelah lulus sd sbenrnya gue pinginnya nglanjutin skolah ke luarkota . eh tp malah guenya nggak niat sndiri yasudahlah akhirnya sekolah dideket komplek my home . pertama pendaftaran gue masih bingung antara milih yg kls + atau yg biasa . ya bedanya sih juga jauh juga mulai dari fasilitas smpe kualitasnya . dan gue lebih baik milih yg biasa , klo misal milih yg + juga nanti kllo pas ditengah perjalanan nggak kuat jatuhnya juga kan ya harus kmbali ke yg biasa juga kaann wkwk Hari pertama masuk sekolah sepertii biasa murid baru harus berorientasi dulu alias digojlok/dikerjani/dikenalkan lingkungan sekolah , pertama ke sekolah kita semua(murid baru) dibagi per gugus , nah gue kedapetan bagian di gugus diponegoro ( kalo nggak salah ) masa orientasi untung Cuma 3 hari aja , kalo toh 1 minggu palingan semua murid udah pada pingsan semua . masa orientasi itu memang ribet apalagi kalo disuruh barang yg nama nama alien sperti seribusaturasa ( permen 1 rb 1 rasa ) buku planet ( buku sidu ) jupe ( plastik item putih ) tinta super cepat ( pulpen merk faster ) dll deh pokoknya , di hari hari mos gue berhasil menipu kakak senior yg njaga mos . waktu itu semua siswa suruh ngumpulin pulpen merk fasternya , lha kebetulan juga gw bawanya Cuma bawa batangannya aja ( nggak ada tintanya ) nah setelah gue tumpuk ternyata kakak itu kagak liat pulpen yg aku kasih hehe . tak berselang berapa lama kakak senior itu bingung “loh ini pulpennya kok bisa ngga ada tintanya sih ,buset ilang kemana ni tinta” gue pun tertawa terkikik dengan tmen sebangku . Hari mos pun akhirnya terlewati juga hfft lega juga akhirnya nglewatin hari yg menyiksa tapi seru krn bs ngerjahilin kakak senior . gue dapet dikelas 7.5 ya maklum lah habis pembagian gugus waktu mos itu juga diacak acak acak lagi muridnya . dikelas 7.5 temennya ada yg koplak,enjoy,jail dll deh pokoknya , temen gue yang paling koplak itu sebut saja namanya “Alfri” itu orang koplaknya setengah manusia . hal hal yang gila atau mainstream pernah dilakukannya . yang enjoy itu ya semuanya ya karna ya gitudeh . dan yang paling jail itu sebut saja namanya “Pian” keliatannya sih orangnya pendiem tapi dibalik kediemannya itu ada something yg agak diragukan Waktu itu dia dan gue punya rencana mau ngerjain cewek yg beda kelas ya cantik sih namanya sebut saja Arin , dan korbannya itu temen sekelas gue sendiri namanya Agus *jahat ya gue wkwk Rencanaya cuman simple kok nggak perlu strategi yg penting jugak , gue sm Pian ini sepulang skolah mampir ke warnet . entah sengaja atau tidak tiba tiba muncul ide mbuat facebooknya atasnama orang itu sama korban tmen skelas gue haha . maklum waktu itu kan juga lagi ngetrendnya facebook . setelah semua selesai fotonya Arin di facebook gue download dan dijadiin fp ( foto profil ) dengan nama “Agus love Arin” namanya terdengar norak banget sih haha . setelah semua jadi Pian ini menambahkan permintaan menjadi teman ke sebagian temen sekelasnya Arin, dan setelah 2 hari sebagian teman bunga terkejut dan mencela bunga dengan fb yg disitu ada fotonya *katanya temennya sih Dan Arin ini ternyata tetangganya adalah teman sekelasku namanya “Tari” . akhirnya kebongkar juga siapa pembuat fb itu entah dpt dr mana tuh kabar tau tau bisa tau sendiri , teeettt teeettt bunyi bel istirahat berbunyi gue dan Pian seperti biasa tongkrong didepan kelas tak berapa lama tiba tiba muncul seorang wanita turun dr tangga ( Arin ) tiba2 dia teriakin kita berdua seperti habis nyuri jemuran aja diteriakinnya hehe . Karna reflek kami lari kekantin entah kemana tuh orang udah ngga nyariin kita lagi . dan pulangnya kami berdua ditungguin oleh siArin itu sambil teriak2 dgn suara yg sok cempreng *eh maap lho . gue sih udah berusaha lari tp tangan gue in malah dipegang erat2 sama sibunga itu Gue pun kaget karena nggak biasa dipegang tangannya sama bidadari yg turun dr langit *eh , dia yang waktu itu make seragam osis smp dan pake jaket warna pink . setelah itu sibunga ini lanssung aja membawel kearah gue tanya tentang fb bajakanku itu , gue sih emang nggak mau njawab gue suruh aja dia tanya ke temen gue agus , kebetulan juga agus juga masih dikelas . ketika menanyai ke agus bukannya langsung dijawab tapi malah saling lempar prtanyaan ke temen2 yg kebetulan waktu itu masih ada yg dikelas . Wajah cemberut,marah,jengkel dan agak sedikit manis menghiasinya :p , setelah itu sibunga ini nyerah dan bilang sama gue “udahlah gue capek sekarang cuman sama loe doang yang gue tanyain” . karena kasihan sma sibunga gue suruh aja kalo passwordnya itu nama ortunya si agus . lalu ia pergi dari hadapan gue dan menuju ke meja agus dan berkata “ eh nama ortu loe sapa ?” , eh si agus malah tertawa pertanyaan itu . lalu ia menjawab “ em sapa yaa “ dan yang dijawab adalah bukan nama ortunya malah nama ortu si pian . tentu saja karena pian udah kenal sama sibunga , sibunga ini tak percaya dan berkata “eh itukan nama ortunya pian” agus membalas “hehe kok situ tau sih ? “ Arin : “ ya tau ajalah , eh cepetan siapa nama ortu loe , penting ni “ *dengan muka sedikit melas* . Akhirnya karna agus nggak tahan sama bawel-annya sibunga ia pun menjawab “namanya *titttt* “ , si bunga malah tertawa karena namanya terdengar lucu juga ya . setelah dikasih tau ia pun pergi meninggalkan kelas bersama teman sekelasku yang kebetulan rumahnya dekatan Setelah harihari itu berlalu gue malah sering salting kalo ngliat dia , dan pada suatu hari dia bilang ke temen gue dari lantai 2 , ya maklumlah karena kelas gue sama dia atas dan bawahnya persis . “eh minta nomernya dimas dong ?” ya karna temen gue itu mau njaga privasi orang tentunya temen gue tanya ke gue “eh sibunga minta nomer loe tuh” gue ngejawab “mau buat apa ? jarang banget orang yg habis gue jaillin malah minta nomer minta baikan sama gue” temen gue bilang “udah kasih aja ya” gue “ ya terserahlah” . besoknya dia sms gue tapi nggak gue bales , hehe kasihan juga sih mau gue bales tapi takut salah didepan orang yang gue anggep awesome wkwk . mungkin batin dia “gile ini sombong amat sih padahal udah ngejahilin gue malah ni sms kagak dibales” . temen sekelas gue pun juga bilang “eh smsnya itu kok nggak kamu bales sih?” gue cuman bisa ketawa dalam hati . Setelah berminggu minggu gue dibilangin sama temen gue katanya pesan dari sibunga “eh loe mau nggak jadi banterannya ?dia nggebet banget pengen loe jadi banterannya tuh “ gue ngejawab ketemen gue “haha jangan bercanda loe dah“ temen gue ngebales “gile loh ini bneneran kampret !“ gue hanya bisa diam aja dan bilang “ya tunggudeh gue masih bingung nih” . dan besoknya sampe lusa temen gue dapet pesen dari si arin “eh gimana nih si arin nungguin jawaban loe nih” dalam hati gue berkata “mana ada sih orang yang awesome segitunya sweet,beautiful and smart bisa2ny ngontak gue yang Cuma orang biasa yang jelek dan nggak pinter . gue coba tanya tanya ke temen deketnya eh ternyata dia itu pacarnya ganti2 terusan , gue sih memaklumi tapi juga agak sdikit kagget juga karna masih kelas satu udah banyak mantan trus pacarannya tiap berapa hari dong ? apa tiap hari jadian trus putus atau mulai pacarannya dari sd kls 1 apa gimana gitu . Ya karena setelah semua informasinya gue dapat entah itu bener atau kabar burung saja . gue bilang sama temen gue “Eh bilangin ya sama sibunga kalo gue nggak bisa nerima permintaannya itu” temen gue ngejawab “iya deh ntar saya bilangin ke dia” Setiap orang sih pasti pinginnya setia walaupun orang itu sudah berusaha tapi tetep kita hargain usaha kepengin setia tersebut , Gue sih nggak nyesel menolaknya , dan jika gue terima itu malah jadi dosa dan bisa2 juga malah geger sama pacarnya dia . huftt , kesetiaan itu enak kok kalo kita bisa melakukannya dengan ikhlas . orang yang nggak setia itu penyebab utamanya sih gara gara tak ada chemistry dengan pasangannya . atau nggak karena tiap hari diajakin berantem hanya gara2 masalah sepele . Kalo pun mau jadi boyfriend nya sih mau2 aja siapa juga sih orang yang nggak mau sama sibidadari itu hehehe Dikelas 7 gue sering banget atau bahkan hampir tiap hari gue ketemu papasan sama sibunga itu , rasanya itu beda banget seperti ada rasa yang menahan deh kayaknya tapi mungkin juga itu karena ketidakmood an seseorang yang kadang tak bisa ditebak . Anehnya karena sering ketemunya sama si dia pikiran gue malah ngaco mikirin dia lagi . dia itu bagiku emang awesome sih . tapi bagi orang2 malah bilang dia itu nggak seperti manusia yang gue bayangkan , kenapa juga bayangan dia itu nggak pernah hilang dari gue mau nglupain juga udah berusaha tapi tetep aja ketemu dia terusan . dikelas 2 smp pun juga gue sama dia udah mulai cuek2an atau bahkan nggak kenal atau nggak liat walaupun dia berdiri didepan gue dengan badan yang tinggi gitu . yang sialan itu ya temen gue yang selalu bilang ke bunga kalo dia ketemu entah dimana kek “eh cariin dimas tu” dia nya ngejawab dengan senyum “hehe manaa ?” Penampilan dia gue perhatiin dari kelas 1 smp sampe kelas 3 smp itu slalu berubah ubah entah gatau kenapa walapun tampilannya berubah mulai dari rambutnya,mukanya atau cara omongnnya tapi itu semua tetep aja sama kok bagiku , semakin hari semakin baik hehe Gue sama dia udah nggak ketemu lagi waktu udah wisuda smp , entah dimana dia itu juga bukan urusan gue , entahlah ngga ada kabar dari dia langsung tapi malah temen gue yang ngasir kabarnya dia kalo dia baik baik aja . Setelah melepas bangku smp menuju bangku sma gue susah banget ngelupain hal hal yang pernah terjadi sama dia , kenangan itu adalah masalalumu boleh diingat kembali tapi tak boleh tuk dilupakan begitu saja . Gue sendiri ndaftarin diri ke SMK yang katanya baik se kota semarang sih , ya memang sekolah itu udah terkenal baik dari jaman dulu hingga sekarang ini . gue nggak tau dia ndaftar dimana . alhamdulilah juga gue keterima di sekolah favorit itu . gue ngedapet informasinya dari ngestalk dia ditwitter . ternyata dia sekolah disebelah sekolahan gue yang ternyata juga SMA favorit juga . kabarnya sih dari avanya dia udah pake kerudung , beda banget kalo dia pake kerudung sama kalo nggak pakek . lebih bagusan kalo pake kerudung *bagiku* karena kebanyakan orang bilang kalo pake kerudung berarti akhlaknya itu bisa dipertanggung jawabkan hehe . Gue sih pernah ngeliat dia langsung ternyata dia tambah dewasa,sengaja nggak tak salamin sih takutnya entar malah dianya udah lupa sama gue lagian gue juga bukan siapa2nya dia hehe , Biasanya sih kalo sekolahannya sebelahan mesti ketemu , tapi ini sih beda banget sekolahannya yang deket malah cuman pernah ngliat dia 1 kali aja hampir setahun ini . Ya mungkin ini memang takdirnya , pengen banget sih ketemu ngobrol bareng jalan bareng tapi kayaknya imposible juga karna sekolahan gue pulangnya soree . Pesenku kalo dia itu mbaca blog gue ambil positifnya aja ya jangan negatifnya hehe salam kangen buat si dia . . nah ini ceritaku , apa ceritamu ????

SUKA,SAYANG DAN CINTA

Saat kau MENYUKAI seseorang, kau ingin memilikinya untuk keegoisanmu sendiri. Saat kau MENYAYANGI seseorang, kau ingin sekali membuatnya bahagia dan bukan untuk dirimu sendiri. Saat kau MENCINTAI seseorang, kau akan melakukan apapun untuk kebahagiaannya walaupun kau harus mengorbankan jiwamu. Saat kau MENYUKAI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan bertanya,"Bolehkah aku menciummu?" Saat kau MENYAYANGI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan bertanya,"Bolehkah aku memelukmu?" Saat kau MENCINTAI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan menggenggam erat tangannya... SUKA adalah saat ia menangis, kau akan berkata "Sudahlah, jangan menangis." SAYANG adalah saat ia menangis dan kau akan menangis bersamanya. CINTA adalah saat ia menangis dan kau akan membiarkannya menangis di pundakmu sambil berkata, "Mari kita selesaikan masalah ini bersama - sama." SUKA adalah saat kau melihatnya kau akan berkata, "Ia sangat cantik dan menawan." SAYANG adalah saat kau melihatnya kau akan melihatnya dari hatimu dan bukan matamu. CINTA adalah saat kau melihatnya kau akan berkata, "Buatku dia adalah anugerah terindah yang pernah Tuhan berikan padaku.." Pada saat orang yang kau SUKAi menyakitimu, maka kau akan marah dan tak mau lagi bicara padanya. Pada saat orang yang kau SAYANGi menyakitimu, engkau akan menangis untuknya. Pada saat orang yang kau CINTAi menyakitimu, kau akan berkata, "Tak apa dia hanya tak tau apa yang dia lakukan." Pada saat kau SUKA padanya, kau akan MEMAKSANYA untuk menyukaimu. Pada saat kau SAYANG padanya, kau akan MEMBIARKANNYA MEMILIH. Pada saat kau CINTA padanya, kau akan selalu MENANTINYA dengan setia dan tulus... SUKA adalah kau akan menemaninya bila itu menguntungkan. SAYANG adalah kau akan menemaninya di saat dia membutuhkan. CINTA adalah kau akan menemaninya di saat bagaimana keadaanmu. SUKA adalah hal yang menuntut. SAYANG adalah hal memberi dan menerima. CINTA adalah hal yang memberi dengan rela.

kata kata dalam cinta brontosaurus

Berikut adalah kata kata dalam cinta brontosaurus : ( jangan galau ya kalo membaca )
* Mengertilah, Cemburuku itu karena aku sayang kamu :')
* Sesuatu yang berharga akan terasa apabila sudah merasa kehilangan.

* Galau itu... Disaat aku mau Move On, tiba-tiba kamu ngajakin balikan.

* Meskipun kamu pikir aku gak peduli sama kamu, tapi sebenarnya aku perhatiin kamu diam2! (┌_⌣')

* Galau itu saat lihat orang yang kita suka malah jalan gandengan sama orang lain (˘̩_˘)

* Mengertilah, kecewaku itu karena aku sayang kamu!

* Akhir dari sebuah hubungan itu bukanlah akhir dari segalanya.

* Mungkin bagian dari mencintai adalah belajar untuk melepaskan.

* Terkadang aku tertawa untuk menutupi lukaku, dan tersenyum untuk menutupi kesedianku :')

* Jangan mencari orang yang sempurna, tapi carilah orang yang bisa membuatmu sempurna.

* Kamu itu pinter ya.. Pinter bikin aku sayang kamu, pinter bikin aku nyaman, kamu juga pinter bikin aku bete sama kamu!  
* Gak sengaja nginjek semut sampai mati, jd nyesel gimana kalo semut tadi kepala keluarganya -__-"
* Gak sengaja nginjek semut sampai mati, jd nyesel gimana kalo semut tadi kepala keluarganya -__-"
* Pacar jempolan tuh gini-->> "Kalo kamu gak sholat, kita putus!!" 
* Cinta itu Satu, cintailah dia yang hanya mencintaimu tanpa cinta kepada yang lainnya
* Cemburu sih, tapi dia bukan pacarku. Mau gimana lagi. 
* Aku bukan kangen sama kamu, tapi aku kangen sama sikap kamu :')  
* Cemburu ada karena kita takut kehilangannya
*  Kalo kamu berniat pergi, jangan pernah lagi berniat untuk kembali dan membuatku terluka untuk yang kedua kali.
* Ketika cinta datang, aku hanya mengenal bahagia, bukan luka ataupun sedih
* Jomblo bukan berarti sengsara. Pacaran bukan berarti bahagia.  
* Selamat malam buat kamu yang disana. Aku kangen kamu :') 
* Aku gak akan meminta untuk mengulang waktu, cukup aku meminta selamanya bersamamu
* Jangan menangis karena cinta, tapi menangis lah karena dosa. *uhuk
* Cinta memang akan indah pada waktunya. Tapi aku gak mau nunggu waktu yang melakukannya
* Ada saatnya untuk mendapatkan, tapi juga ada saatnya untuk melepaskan
* Kamu akan lebih menghargai wanita jika kamu mampu melihat wanita bukan dengan MATA, melainkan dengan HATI
* Tuhan walaupun dia bukan milikku tapi tolong jaga dia,Tolong buat di selalu tersenyum ,dan semoga dia bahagia bersamanya.  
* Lebih milih 1 sahabat daripada 100 teman yang bisanya cuma mencibir dibelakang.
* Selamat pagi impian dan harapanku :')
* Sebenarnya kita udah sama-sama suka. Bedanya aku suka kamu, tapi kamu suka dia.
* Kata "KODE" ga akan membuahkan hasil tanpa ada kata "PEKA".  
* Hidup itu sederhana, cinta yang membuat sempurna. 
* Aku itu orangnya suka berpura-pura.. Iya berpura-pura tegar dihadapanmu, padahal aslinya gak
* Lebih baik sendiri dulu, menunggu dan mencari orang yang tepat.  
* Setidaknya aku masih lebih baik dari dia. 
* Butuh seseorang yang bisa mengerti, memahami, dan mencintaiku dengan tulus
* Aku mencoba ikhlas dari kehilangan. Dan mencoba tersenyum dari kesakitan.
* Lebih baik sendiri dulu karena masih belum siap untuk merasakan sakit hati lagi.
* Karena bertemu kamu, aku bisa menyembuhkan rasa sakitku.  
* Kalo bisa liat masa depan, aku mau liat siapa aja yang bakal nyakitin aku biar bisa antisipasi gitu *nyess
* Buat apa punya pacar tapi masih ngerasa sendirian. *uhuk  
* Terkadang apa yang kita lepaskan, harus siap juga merasakan penyesalan
* Semua akan terasa istimewa dan menyenangkan ketika kamu berada disampingku.
* Love no need a reason
* Hal terindah dalam hidupku adalah saat aku tersenyum bahagia bersamamu.
* Cinta bisa datang kapan saja, orang yang cocok akan datang pada waktunya.
Aku cinta kamu tanpa syarat!
* Cinta itu misteri, Datangnya gak disangka sangka tapi perginya membekas luka. *uhuk
* Hanya bisa mengagumimu dari jauh tanpa tau perasaanku ke kamu.  
* Karena gak ada seorangpun yang bisa sesempurna sama seperti yg lo ingini.
* Bukan cinta namanya kalo gak pernah merasakan sakit hati.  
* Cinta itu sederhana asal mau menerima satu sama lain tanpa melihat apa yg menjadi perbedaan.
* Salah satu hal tersakit dalam hidup adalah melihat orang yang sangat lo sukai, tapi malah suka sama orang lain. *jleb  
* Dari mengenalmu, aku belajar bagaimana caranya mencintai, kehilangan dan apa rasa sakit itu
Seandainya membenci seseorang itu bisa semudah ketika dulu menyukainya *nyess  
* Cinta sejati adalah cinta yang terima apa adanya dengan kekurangan dan kelebihannya.
* Semakin aku ingin melupakanmu, semakin sering kamu muncul dipikiranku.
* Pada nyatanya yang terindah itu susah dilupakan.  
* Cinta itu bisa kadaluarsa, tergantung dari kita menyikapinya. 
* Mencoba untuk tegar dan gak sakit, meski tersenyum.  
* Betapa bodohnya saat lo milih dia sebagai pacar lo, padahal gue jauh lebih baik dari dia. *uhuk
* Cinta itu cuma perkara gimana kita berjuang agar bisa bertahan.  
* Rasa sayang itu semuanya tergantung seberapa kita mau memperjuangkannya
* Katanya temen, kok orang yang gue taksir lo embat juga? *nyess  
* Aku gak pernah paham apa itu cinta, yang katanya membahagiakan, namun nyatanya menyakitkan.
* Hal yang paling menyakitkan adalah harus berpura-pura bahagia ketika melihat orang yang dicintai mencintai orang lain.  
Yang namanya ngelupain itu gak pernah gampang, apalagi ngelupain yang masih disayang
* Boleh tukeran perasaan sebentar? 5 menit juga cukup, biar kamu bisa ngerasain apa yang aku rasain. *jleb  
* Seseorang yang paling sulit dilupakan itu seseorang yang membuat kamu jatuh cinta sekaligus terluka.
* Cinta itu gak harus diliat dari materi dan fisik, tapi yg mampu membuat merasa nyaman.
* Kunci sukses dari LDR adalah percaya dan setia.  
* Gak semua cerita cinta itu happy ending.
* Percaya sama cinta sejati itu harus!  
* Cinta gak mengenal sebuah status.
* Meskipun sudah mantan, rasa sayang itu tetap masih ada.  
* Nyesek itu saat orang yg lo incer malah deket sama temen lo. *uhuk 
* Sayang dan Cinta gak harus sama pacar aja.
* Gak mudah dapetin lo, gak mudah juga buat ngelepasin lo!  
* Ini gue gak lagi ditawarin masuk ansuransi atau MLM gitu? 
* Gue butuh cewek yang kalo gue ngeliat, gue gak kebayang kalo putusnya bakal kayak gimana
kalo liat kamu saya jadi inget anak saya yang baru masuk kuliah, nanti saya beliin pulsa ya
* Ya udah kalo gitu kita putus! | Yaudah kalo kamu maunya gitu! | Yaudah kalo gitu kamu pergi!
* Mencintai seseorang adalah sebuah pilihan, Dicintai seseorang adalah keinginan.
* Hati bukan untuk disakiti, tapi untuk dijaga perasaannya.  
* Jangan jadikan patah hati sebagai alasan gak mau kenal cinta lagi. 
* Kamu peka dikit doong, Aku suka kamu!  
* Aku mau sebel-sebelan lagi, aku mau berantem-beranteman lagi, asal semua sama kamu.
* Terkadang cinta tak harus memiliki, tapi saling memahami.  
* Yang gak bisa kadaluarsa itu cinta, sahabat, dan orang tua. 
* Setan apa yang paling serem sedunia? | Suster ngesot push-up.  
* Cinta itu diukur dari perasaan dan hati.
* Cara biar bisa MoveOn itu ya cari gebetan baru.
* Kalau cinta ya diungkapin! Jangan disimpen aja. Nanti yang ada malah sakit.
* Kok kamu belum tidur? | Aku Amnesia bang | Insomnia??!! | Ya itudeh
* Cara simple biar pacaran Langgeng: Jangan buat dia kecewa, Perhatian & Setia
* Jika ada yang lebih baik, kenapa harus bertahan sama dia yg udah buat lo sakit
* Butuh waktu untuk mendapatkan orang yang tepat. ~Jessica  
* Cinta itu simple, tergantung cara menyikapi dan menjalaninya. 
* Ngapain pacaran, nanti juga bakal putus lagi
* Kalo udah sayang, memang sulit buat MoveOn.
* Perbedaan yang membuat semua menjadi indah.  
* Cinta itu butuh tindakan, bukan teori!
* Aku tuh bukan patner kerja kamu aja, tapi aku patner cinta kamu juga. ~Kosasi
* Suster ngesot love Pocong.. Suster ngesot gak bisa berdiri, Pocong gak bisa jongkok. Lah gimana caranya mereka ciuman.  
* Cuma di  yang kalo pacaran di atap SPBU :D

* Jangn pilih-pilih, ntar malah jomblo seumur hidup! 
* Cemburu sih iya, tapi gak punya hak buat marah2 sama dia, dan akhirnya sakit sendiri.
* Kita adalah 2 manusia aneh yang dipertemukan
* Cinta itu harus kuat kayak Brontosaurus, gak ada kadaluarsa sampai salah satu meninggal.
* Tipe cowok itu cuma ada 2, kalo gak bajingan ya suka sama cowok. 
* Jadi cantik itu gampang, tinggal bilang aja "Aku cantik" kan ucapan adalah Do'a
* Mencintai itu membutuhkan hati yang siap terluka. 
* Cinta itu ga perlu ribet. Cinta harusnya sesimple pikiran anak kecil, cuma perkara aku sayang kamu.
* Sayang sama orang itu gak perlu sebuah Alasan!
* Gak ada yang namanya kebetulan dalam cinta, yang ada adalah sebuah Proses dan Kesiapan
* Terkadang kalo kita jatuh cinta kita harus jadi anak-anak, yang tingkahnya apa adanya
* Gak ada yg sempurna, tapi yg ada gimana cara menutupi ketidaksempurnaan itu sehingga menjadi sempurna. 
* Kamu percaya soulmate? | Nggak, tapi aku percaya kalo kamu buat aku
* Cinta itu butuh dipahami dan dimengerti.. Itu udah Paket Komplit! 
* Cinta itu butuh dipahami dan dimengerti.. Itu udah Paket Komplit!
* Cinta itu datang tanpa ada persiapan  

Jejak Manusia Indonesia Ternyata dari Sangkulirang

BALIKPAPAN, Sebagian manusia Indonesia yang ada sekarang ternyata berasal dari Sangkulirang zaman purba.
Traveler, gimana ya rasanya berdiri di atas pegunungan karst super besar yang begitu tinggi? Jawabannya pasti mengagumkan dan kamu merasa sangat kecil. Itulah salah satu ukiran alam yang telah diciptakanNya ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun lalu yang masih bisa dinikmati hingga sekarang. Kali ini, saya mau memperkenalkan Karst Sangkulirang Mangkalihat yang bila dipublikasi gencar-gencaran secara internasional bisa jadi situs warisan dunia. Simak bareng-bareng, ya.

Karst Sangkulirang Mangkalihat terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Timur. Seperti halnya kawasan karst, lokasi dari Sangkulirang Mangkalihat ini pun dikelilingi oleh dinding-dinding terjal, gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis, serta perbukitan hijau yang membuat travelers terkagum-kagum. Keindahaan kelompok karst berukuran raksasa ini membenteng dari Kabupaten Kutai Timur hingga ke Kabupaten Berau.
Lalu, bagaimana untuk bisa mencapai Karst Sangkulirang Mangkalihat? Kalau kamu memulai perjalanan dari kota Samarinda, waktu tempuh dengan bus atau mobil carteran sekitar 8 – 9 jam dengan melewati jalan bekas perusahaan kayu, tepatnya melewati Sangatta dan Bengalon. Kawasan ini punya luas mencapai 1,8 juta hektar. Wow, cukup luas ‘kan? Bahkan, area ini punya kawasan ekosisten inti seluas 550.000 hektar. Sungguh menjadi aset bangsa yang sangat berharga karena memiliki nilai ekonomi, budaya, sosial, dan ilmiah.

Gua Beloyot berada di gugusan ekosistem kars Sangkulirang-Mangkalihat. Tersembunyi di antara perpaduan pebukitan kars (batu gamping atau kapur) dan hutan hujan tropis yang masih dijaga oleh masyarakat Dayak Lebo. Hutan Desa milik warga Kampung Merabu.Dari Kampung Merabu, gua Beloyot ditempuh sekitar 2 jam berjalan kaki. Melintasi setapak menembus hutan dengan vegetasi yang lebat. Perjalanan makin mengasikkan dengan diiringi musik alam dari nyanyian satwa dan ricik air jernih. Apalagi jika selama perjalanan diiringi senda-gurau.Ketika saya berkunjung ke Gua Beloyot, sembilan orang bocah, anak-anak Kampung Merabu, mengintil di belakang. Karena baru ketahuan setelah jauh di pertengahan hutan, pemandu kami saat itu mengizinkan mereka turut ke gua. Perjalanan makin riuh. Makin seru karena ulah para bocah.Setelah dua jam perjalanan, sebuah bukit gamping menghadang seperti dinding. Rute berganti mendaki. Ada sebuah liang gua tak jauh dari kaki bukit, Gua Kabila 1. Di atasnya terdapat gua Kabila 2 yang menjadi jalan tembus menuju gua Beloyot. Jalur gelap, lincin, dan sesekali mesti merangkak karena lubang menyempit atau berlangit-langit rendah.Dari ujung gua Kabila 2 di sisi lain bukit, perjalanan dilanjutkan dengan memanjat teras sempit. Sampai di gua Beloyot. Tempat puluhan lukisan pra-sejarah menempel di dinding bahkan di langit-langit setinggi 3 -4 meter.
Lukisan gua didominasi oleh gambaran atau cap telapak tangan. Gua lebar sepanjang 90-an meter ini dihiasi 26 cap tangan dengan pola dan ukuran berbeda. Ada yang mungil. Diperkirakan cap telapak tangan anak kecil.Dilihat dari polanya, diduga cap tangan dibuat dengan teknik sembur. Mungkin orang-orang dulu menempelkan telapak tangan ke dinding gua, kemudian bahan pewarna disemburkan ke arah telapak tangan dan sekelilingnya. Dugaan ini disebabkan bagian berwarna ada di sekeliling bentuk telapak tangan, sedang bagian telapak tetap berwarna dasar kapur. Beberapa cap tangan diberi titik-titik berwana merah. Polkadot.Selain cap tangan, ada beberapa lukisan hewan mamalia dan kura-kura serta lukisan dekoratif abstrak. Beberapa lukisan tampak mengelupas. Diperkirakan akibat sering disentuh oleh pengunjung. Sayang. Padahal menurut analisis awal laboratorium Riset CNRS-CEA Perancis, umur lukisan ini diperkirakan 10.000 tahun. Dua kali lebih tua dari asumsi penyebaran manusia Neolitik atau Austronesia di Asia Tenggara.
Pra-sejarahGua Beloyot hanyalah satu dari sekitar 150 gua di kawasan kars Sangkulirang-Mangkalihat. Gua-gua di sini banyak menyimpan jejak manusia pra-sejarah di tanah Borneo. Gua Liang Abu, misalnya.Laporan penelitian Jean-Michel Chazine menyebutkan temuan bekas pemukiman manusia pra-sejarah. Di antaranya, pecahan gerabah dan tulang belulang. Diperkirakan tempat beraktifitas manusia gua di sini terbagi sesuai tiga tingkatan gua. Tingkat dasar sebagai tempat tinggal, tingkat kedua sebagai pemakaman, dan tempat lukisan gua di tingkat atas.Masyarakat adat Dayak Lebo, mempunyai cerita sendiri terkait nenek moyang mereka. Termasuk legenda terkait lukisan di dinding gua. Pada masa lalu, ada seorang perempuan amat cantik bernama Bunga Inu. Konon, Bunga Inu memiliki kemampuan menghilang.Cap tangan di dinding-dinding gua di Merabu adalah jejak yang dibuat Bunga Inu. Sebagai pesan agar keberadaan dirinya tetap diketahui oleh keturunannya. Ada legenda versi lain yang menyebutkan Bunga Inu melarikan diri dari kampung lalu bersembunyi di gua-gua lantaran tak mau dikawinkan dengan lelaki yang tidak ia cintai. Pada saat bersembunyi itulah, Bunga Inu meninggalkan jejak dalam bentuk cap tangan. Agar tetap dikenang.
Gua Beloyot berada di gugusan ekosistem kars Sangkulirang-Mangkalihat. Tersembunyi di antara perpaduan pebukitan kars (batu gamping atau kapur) dan hutan hujan tropis yang masih dijaga oleh masyarakat Dayak Lebo. Hutan Desa milik warga Kampung Merabu.
Dari Kampung Merabu, gua Beloyot ditempuh sekitar 2 jam berjalan kaki. Melintasi setapak menembus hutan dengan vegetasi yang lebat. Perjalanan makin mengasikkan dengan diiringi musik alam dari nyanyian satwa dan ricik air jernih. Apalagi jika selama perjalanan diiringi senda-gurau.
Ketika saya berkunjung ke Gua Beloyot, sembilan orang bocah, anak-anak Kampung Merabu, mengintil di belakang. Karena baru ketahuan setelah jauh di pertengahan hutan, pemandu kami saat itu mengizinkan mereka turut ke gua. Perjalanan makin riuh. Makin seru karena ulah para bocah.
Setelah dua jam perjalanan, sebuah bukit gamping menghadang seperti dinding. Rute berganti mendaki. Ada sebuah liang gua tak jauh dari kaki bukit, Gua Kabila 1. Di atasnya terdapat gua Kabila 2 yang menjadi jalan tembus menuju gua Beloyot. Jalur gelap, lincin, dan sesekali mesti merangkak karena lubang menyempit atau berlangit-langit rendah.
Dari ujung gua Kabila 2 di sisi lain bukit, perjalanan dilanjutkan dengan memanjat teras sempit. Sampai di gua Beloyot. Tempat puluhan lukisan pra-sejarah menempel di dinding bahkan di langit-langit setinggi 3 -4 meter.
Lukisan gua didominasi oleh gambaran atau cap telapak tangan. Gua lebar sepanjang 90-an meter ini dihiasi 26 cap tangan dengan pola dan ukuran berbeda. Ada yang mungil. Diperkirakan cap telapak tangan anak kecil.
Dilihat dari polanya, diduga cap tangan dibuat dengan teknik sembur. Mungkin orang-orang dulu menempelkan telapak tangan ke dinding gua, kemudian bahan pewarna disemburkan ke arah telapak tangan dan sekelilingnya. Dugaan ini disebabkan bagian berwarna ada di sekeliling bentuk telapak tangan, sedang bagian telapak tetap berwarna dasar kapur. Beberapa cap tangan diberi titik-titik berwana merah. Polkadot.
Selain cap tangan, ada beberapa lukisan hewan mamalia dan kura-kura serta lukisan dekoratif abstrak. Beberapa lukisan tampak mengelupas. Diperkirakan akibat sering disentuh oleh pengunjung. Sayang. Padahal menurut analisis awal laboratorium Riset CNRS-CEA Perancis, umur lukisan ini diperkirakan 10.000 tahun. Dua kali lebih tua dari asumsi penyebaran manusia Neolitik atau Austronesia di Asia Tenggara.

Pra-sejarah
Gua Beloyot hanyalah satu dari sekitar 150 gua di kawasan kars Sangkulirang-Mangkalihat. Gua-gua di sini banyak menyimpan jejak manusia pra-sejarah di tanah Borneo. Gua Liang Abu, misalnya.


Menurut hasil penelitian, kawasan karst ini memberi informasi tentang jejak manusia purba yang bisa dilihat dari lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas pada dinding-dinding gua dan konon telah ada sekitar 10.000 tahun SM. Disini juga ditemukan tulang, wadah yang terbuat dari tanah liat, serta alat-alat yang terbuat dari batu. Masih dari hasil penelitian, diperkirakan penyebaran rumpun manusia purba Austronesia diawali dari pegunungan karst Sangkulirang. Ini artinya, Karst Sangkulirang Mangkalihat menjadi titik awal kemunculan manusia purba yang ada di bumi pertiwi.
Ketika dieksplorasi, kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat memiliki beberapa bagian pada puluhan gua berlorong panjang dengan hiasan ornamen alami beserta stalagtit dan stalagmit mengagumkan. Sedangkan flowstone yang terjajar indah memancarkan kristal kalsit yang memukau mata. Mengeksplorasi gua-gua bawah tanah juga menjadi tantangan sendiri buat para penjejah karena ketinggian air pada tiap-tiap spot berbeda.
Selain potensi sungai bawah tanah yang bisa dimanfaatkan, kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat juga punya potensi alam lain yang bisa meningkatkan nilai ekonomi, seperti hutan kayu dan non kayu, batuan mineral, potensi wisata alam, serta sarang burung walet yang cukup menjanjikan. Tidak hanya itu, keanekaragaman hayati begitu berlimpah yang ditawarkan kawasan karst ini juga sangat kaya karena tempat ini dihuni oleh hewan endemik seperti orangutan.
Di tempat ini terdapat situs berharga, seperti untuk bidang plaeontologi, arkeologi, situs fosil, struktur geologi-mineral, litologi, serta beragamnya flora dan fauna endemik. Keberadaan gua-gua, sungai bawah laut, cadangan batu kapur dan bahan semen pun cukup melimpah sehingga cocok sekali dijadikan spot pariwisata alam.








 Perancis punya Lascaux. Gua dengan lukisan pra-sejarah menghias dindingnya. Di Indonesia lukisan gua yang biasa disebut cave art atau rock art, peninggalan pra-sejarah, tersebar di antero nusantara. Salah satunya di Gua Beloyot, di kampung Merabu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.


















Karena dunia menyatakan kalau Sangkulirang Mangkalihat menjadi kawasan karst dunia yang terancam punah, pemerintah daerah setempat pun menetapkan area ini sebagai kawasan terlindung sehingga kelestariannya senantiasa terjaga dari tangan-tangan nakal yang akan mengeksplorasi alam karst dengan membabi-buta. Dengan dilakukan perlindungan secara terorganisir, bukan tidak mungkin kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat menjadi kawasan warisan dunia yang ada di Kalimantan Timur.
Alam telah memberikan potensi sumber daya alam mengagumkan di Karst Sangkulirang Mangkalihat. Tugas kita-lah memelihara dan melestarikannya sehingga tidak hanya travelers Indonesia saja yang bisa menyaksikan kemegahannya, namun juga travelers mancanegara.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com